4 Tips Awal Menjadi Blogger untuk Pemula

writing-wordpress

Pilih Topik yang Kamu Kuasai dan Kemas dengan Menarik 

Yakinlah bahwa setiap orang pasti punya potensi yang tersembunyi. Kalau kamu suka menulis, potensi itu bisa dituangkan dalam tulisan lalu dipublikasikan sebanyak mungkin lewat Blog. Biasanya untuk Blogger pemula, permasalahannya ada pada pertanyaan ini, “Topik apa yang paling aku kuasai ya?”

Coba buatlah Blog yang paling general untuk berbagai topik. Nah, setelah menulis berbagai topik itu, kamu akan merasakan yang mana artikel yang kamu paling merasa mudah saat menuliskannya. Artikel yang buat kamu paling mudah itulah kemungkinan letak topik yang kamu kuasai.

Setelah menemukan itu, kemas dengan kata-kata yang menarik. Tidak usah terbiasa dengan kata-kata yang panjang, rawan menjenuhkan. Langsung saja ke poin utama. Mengapa? Karena orang yang datang ke Blog kamu hampir pasti sudah punya fokus tertentu, entah itu info tertentu atau cerita tertentu yang dia temukan di Google atau link dari temannya yang mengarahkan ke Blog kamu.

Jangan buang waktu mereka dengan bahasa bertele-tele atau kemungkinan besar mereka malas datang kembali ke Blog kamu.

 

Buat Desain yang Menarik pada Blog Sehingga Pengunjung Tertarik

Kadang kita bisa menemukan beberapa Blog di Indonesia yang kalau dilihat secara detail, desainnya ya itu-itu saja, apalagi bila menggunakan jasa Blog gratisan. Membuat Blog gratisan tidak ada salahnya, tapi kalau bisa penampilan tetap diperhitungkan. Gunakan template yang paling mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan Blog.

Biasanya, Blog gratisan akan terbatas soal template ini. Segala hal dibatasi, yah namanya juga gratisan. Cobalah membeli paket berbayar dari Blog agar bisa semakin mengeksplorasi kemampuan kita dalam menulis dan membuat desain Blog. Kalau di awal ada kendala biaya, tidak apa-apa, latihan rutin menulis dulu saja pada Blog gratisan, nanti kalau sudah ada pemasukan dari iklan atau tiba-tiba dapat sumbangan, disarankan pakai yang berbayar.

 

Buat Tulisan Berkualitas pada Blog secara Rutin

Konsistensi intinya. Percuma menulis baik tapi jarang, juga percuma menulis sering tapi kontennya sembarangan. Pembaca kita manusia, bukan mesin, jadi bisa benar-benar membedakan mana konten yang baik dan mana yang kurang baik.

 

Aktifkan Sosial Media dan Cari Tahu Cara Menguangkan Blog Kamu

Setiap Blog ada cara menguangkannya atau bahasa kerennya monetization. Biasanya dengan menaruh link iklan dari Google atau yang lainnya. Itu nanti saja, tulis dulu saja. Tulisan Blog kamu yang akan mendatangkan pengunjung dan pengunjung kamu yang akan klik iklan. Kalau belum ada tulisannya, dari mana datangnya pengunjung? Nah makanya soal ini nanti saja, tulis saja dulu. SUMBER

 

Share tulisan ini di FB ya kalau kamu merasa bermanfaat. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s