Jika Kamu Sulit Melakukan Ini, Pertanda Kamu Cerdas

Berdasarkan beberapa pengalaman keseharian yang saya temukan, ada tanda-tanda umum yang saya lihat dari teman-teman saya yang memiliki kecerdasan berpikir di atas rata-rata. Tanda-tanda itu bukan sesuatu yang membanggakan sebenarnya bagi mereka, karena itu justru membuat mereka sulit untuk bergaul layaknya orang pada umumnya.

Semua yang saya tulis di sini hanya opini, jadi kebenarannya mungkin bukan absolut. Bagaimanapun, ini menarik untuk dijadikan catatan. Tanpa perlu berpanjang lebar, mari kita lihat bersama kira-kira kesulitan-kesulitan apa yang menandakan seseorang memiliki kecerdasan tertentu yang ada di atas rata-rata orang pada umumnya.

thinking

SULIT UNTUK BASA-BASI

Jika kamu merasa sulit untuk berbicara hal-hal yang sepele dalam jangka waktu yang lama (atau biasa disebut basa-basi) ada kemungkinan kamu termasuk orang yang memiliki intelejensi lebih dari rata-rata. Mengapa? Karena kemampuan berpikirmu mengarah pada ‘hal-hal yang besar’ dan prinsipal.

Kamu mungkin akan sangat kelelahan ketika harus duduk, bicara ringan, dalam jangka waktu yang lama. Kalimat yang tidak berisi informasi bermanfaat, akan membuat kamu kesulitan bertahan dalam pembicaraan. Waktu terasa lambat dan sia-sia.

 

 

 

SULIT MENERJEMAHKAN ISI PIKIRAN DALAM SUATU KALIMAT UTUH KETIKA MELAKUKAN PERCAKAPAN

Jika kamu kadang merasa sulit merumuskan suatu kalimat percakapan karena terlalu banyak yang ingin kamu ungkapkan dari dalam pikiran, kemungkinan besar kamu masuk kategori manusia cerdas. Kemampuan berpikir kamu yang tinggi membuat pikiran kamu terus berpetualang sementara kata-kata kamu kesulitan merangkum bersamaan.

Kesulitan kamu ini kadang membingungkan lawan bicara. Kesulitan ini pula yang kadang membuat suasana percakapan menjadi tidak nyaman. Sebenarnya ini tidak masalah. Kamu hanya perlu berlatih untuk mengatur pikiran yang muncul supaya berurutan. Cara melatihnya dapat dengan menulis atau berbicara di depan umum. Menulis akan memaksa pikiran kita untuk mengatur susunan kata dan kalimat secara terstruktur, sedangkan berbicara di depan umum akan memaksa pikiran kita untuk menyampaikan pesan kalimat dengan hati-hati (karena berkaitan dengan banyak orang yang hadir).

 

 

 

SULIT BERTAHAN PADA RUTINITAS YANG SAMA DI PEKERJAAN

Jika kamu kesulitan untuk bertahan pada pekerjaan-pekerjaan rutin yang tidak membutuhkan kreatifitas pikiran, ada kemungkinan kamu seorang yang cerdas. Pikiran yang cerdas akan cenderung terus menerus mencari terobosan baru. Rutinitas pada satu pekerjaan yang sama setiap hari akan membuat hidupmu menjadi semacam ‘kebiasaan’ dan sesuatu yang sudah menjadi ‘kebiasaan’ kadang tidak lagi perlu dipikirkan. Di situlah mulai muncul rasa bosan yang tidak direncanakan.

Solusi dalam hal ini bisa dengan menambahkan warna sendiri dalam pekerjaan rutin kamu. Buat pekerjaan rutin kamu menjadi menyenangkan apapun caranya. Buat pikiran terus bergerak dengan membuat hal-hal baru di tengah hal-hal yang rutin. Mungkin bisa juga dengan kembangkan hobi di waktu luang.

 

 

 

SULIT MELAKUKAN TINDAKAN DENGAN CEPAT ATAU BAHKAN KADANG TIDAK MELAKUKAN APA-APA

Nah ini yang kadang dicap orang sebagai malas. Pikiran kamu kadang terlalu banyak dan tidak terstruktur. Pikiranmu berkelana mencoba memahami banyak realitas sekaligus. Kadang itu membuatmu menjadi tiba-tiba terpaku, tidak berbuat apa-apa. Ini pertanda kamu cerdas.

Tidak melakukan tindakan dengan cepat atau terdiam tidak melakukan apa-apa karena sibuk berkutat dengan pikiran, memang bukan sesuatu yang positif, walaupun itu menandakan kamu cerdas. Wajar bila momen seperti ini pernah muncul, tapi menjadi tidak wajar bila terus menerus seperti ini.

Cara terbaik untuk tidak terjebak dalam situasi seperti ini adalah dengan membuat perencanaan. Rencana akan membatasi waktu berpikir sehingga dapat segera bertindak setelah waktu berpikir yang kita rencanakan habis.

Mudah begini. Kamu ingin membuat suatu bisnis misalnya. Kamu beri target waktu sampai kapan kamu membuat suatu business plan. Nanti setelah waktu habis, apa yang sudah kamu pikirkan, walaupun mungkin belum sempurna menurut kamu, harus segera dijalankan. Sambil berjalan, sambil dipikirkan ulang bagaimana pengembangannya.

 

 

 

SULIT JATUH CINTA

Ini menarik. Begini penjelasannya. Kamu cerdas, maka kamu terbiasa menggunakan pikiran analitis dan terbiasa berpikir mandiri. Kamu akan cenderung menganalisa orang lain dan cenderung menikmati kebebasan diri sendiri. Ketika ada seseorang yang tertarik, kamu akan otomatis menganalisa sekaligus merasa tidak ada urgensi untuk bergantung pada kehadiran pasangan hidup.

Dalam proses analisa yang lambat ini (karena tidak adanya dorongan urgensi) kadang kamu kehilangan momen ketika memutuskan untuk menjalin hubungan. Akhirnya, hubungan menjadi tidak berlanjut.

Dalam beberapa kasus, dapat juga yang terjadi sebaliknya. Kamu menganalisa sambil menjalani hubungan namun tetap memiliki rasa independen yang tinggi. Akibatnya, hubungan menjadi singkat atau menjadi mudah jatuh cinta – mudah pula kehilangan cinta.

 

Bila kamu merasakan kesulitan-kesulitan di atas, ada kemungkinan kamu termasuk manusia cerdas. Namun jangan berhenti dan puas diri ketika mengetahui itu, justru harus segera mengatur bagaimana caranya untuk mengurangi tingkat kesulitan itu. Mengapa? Karena bagaimanapun kita juga makhluk sosial yang membutuhkan manusia yang lain. Dengan memperbaiki kesulitan-kesulitan yang mungkin kita rasakan, hubungan sosial kita akan lebih nyaman. Hubungan sosial yang nyaman, akan membuat hidup lebih menyenangkan dan pikiran cerdasmu dapat semakin berkreasi secara optimal!

 

Share tulisan ini di FB ya kalau kamu merasa bermanfaat. 🙂

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s