Alasan Mengapa Kita Harusnya Mulai Blogging dari Sekarang

Ryan Clements, pengacara yang berubah haluan menjadi internet marketing, enterprener, dan penulis, berbagi kisah tentang alasan-alasan mengapa kita sebaiknya mulai nge-Blog dari sekarang. Menarik belajar dari kisah orang lain, kita jadi bisa satu step lebih cepat dari pada semuanya harus dipelajari dari pengalaman sendiri kan. SUMBER

Saya tidak menulis semua alasan (12 alasan) dari Clements karena ada yang mirip-mirip gitu. Supaya singkat, cepat, dan padat, saya akan bagi dalam beberapa poin tanpa mengurangi inti utama tulisannya.

blog-wordpress

BLOGGING ITU TANTANGAN DAN TANTANGAN ITU BAIK

Tantangan terbesar dari seorang Blogger adalah konsistensi menulis secara kontinyu dan menulis secara baik. Duduk, diam, lalu menulis bukan hal yang mudah untuk semua orang. Menuliskan ide di kepala kamu dengan bahasa yang menarik untuk dibaca adalah tantangan. Semua tantangan itu membuat kamu berkembang sebagai individu. Ini bahasanya Ryan Clement ya, formal banget. Hehehe..

Jadi begini, dengan mengatasi tantangan, apapun itu, diri kita akan berkembang. Mengatasi tantangan juga membuat kita bahagia. Blogging dan menulis itu tentang passion juga. Bila memang senang menulis dan berbagi kisah, Blogging akan menyenangkan.

BELAJAR HAL BARU

Terus menerus menulis tentang hal yang kamu sukai di dalam Blog, selain mengatasi tantangan nge-Blog yang membuat kita lebih happy juga membuat kita selalu belajar hal yang baru. Blogging adalah proses belajar. Kamu akan belajar cara menulis, belajar membuat judul Blog yang menarik, dan belajar menyebarkan ide di kepala kamu. Yang terpenting menurut Clements, Blogging membuat kamu bisa memahami diri sendiri.

Passion saya menulis, contoh saja ya ini, nah Blog adalah sarana saya untuk menumpahkan passion itu. Sambil beberapa kali membuat Blog dan gagal, akhirnya saya belajar cara mendesain Blog yang yah lumayan lah ya. Dari sana akhirnya saya tahu juga, kalau saya juga tertarik pada design web blog, jadi Blogging bagi saya bukan hanya menulis tapi juga membantu memahami “apa sih yang saya mau”. Blogging bagi saya adalah suatu seni menciptakan tulisan indah di dalam suatu website yang strukturnya juga indah. Asek.

MEMBUAT PERUBAHAN BAGI KEHIDUPAN ORANG LAIN

Jangan pernah berpikir kalau suara kamu tak berarti, ciee, kata Ryan Clements. Suara kamu memang berarti! Dan apa yang kamu pikirkan positif, akan berarti positif juga bagi yang lain. “Saat-saat di mana ada orang datang ke saya dan mengatakan Blog saya membantunya adalah saat-saat yang sungguh berarti,” katanya. “Itu membuat saya pede dan memotivasi untuk terus menulis.”

Mantap! Ini menarik. Siapa yang menyangka tulisan sederhana ternyata bisa mengubah cara berpikir dan hidup seseorang? Dan kalau itu terjadi, lalu ada yang bilang begitu, ge’er lah hati ini. Dengan kata lain, sambil menumpahkan passion menulis kamu, kamu bisa sembari membantu orang lain. Dengan membantu orang lain, percayalah, akan ada kebahagiaan tersendiri yang nanti muncul.

MENJADI AHLI DI BIDANG TERTENTU

Menulis Blog tentang hal A, misalnya, akan membuat kita terus menerus mencari informasi tentang hal A itu, nanti semakin lama akan semakin menjadi ahli ketika berbicara tentang A, gampangnya begitu. Dengan semakin ahli, kita akan menjadi unik. Keunikan itu bisa menjadi nilai jual nantinya.

Nilai jual maksudnya bagaimana? Katakanlah kamu sudah terbiasa menulis tentang A dan sudah lumayan ahli. Nah suatu hari ada perusahaan atau orang yang membutuhkan sekali karyawan atau partner dengan kemampuan A, dia lihat Blog kamu, klik di hati langsung. Tidak menutup kemungkinan kamu dapat tawaran tanpa melamar. Hal seperti ini berkali-kali dialami oleh Clements dalam perjalanannya sebagai Blogger.

BRANDING ONLINE PRODUK

Produk yang dimaksud tidak harus ‘barang’ tapi juga bisa ‘kepribadian’ kamu sebagai seorang Blogger. Kamu bisa branding diri sendiri sebagai seseorang yang memang punya passion dan keahlian di bidang tertentu. Tulislah tentang hal yang memang kamu inginkan supaya orang lain mengenal kamu demikian. Hadeeh, itulah bahasa, kalimat terjemahan kadang mesti dirapikan ulang. Jadi begini, tulis sesuatu yang kamu memang mau jadikan itu identitas kamu di dunia maya.

Kalau kamu ingin dikenal sebagai tukang push-up, misalnya, tulis banyak artikel tentang cara push-up, manfaat push-up, sampai 100 alasan mengapa kita harus push-up di segala situasi. Nanti seiring berjalannya waktu, banyak orang akan mengenal kamu sebagai Si Tukang Push-Up Profesional. Maaf bila contohnya lebay. Makin lebay makin mudah diingat.

PAMERKAN IDE KAMU KE JARINGAN SOSIAL YANG LEBIH LUAS

Clements menulis jelas sekali, begini singkatnya: “Mulailah dengan menulis apa yang menarik bagi kamu dan apapun yang menarik itu, pasti juga menarik bagi banyak orang lain entah di mana.” Ketika kamu dan mereka saling bertemu, jaringan sosial kamu akan menjadi lebih luas. Semakin luas jaringan sosial kamu, semakin banyak kesempatan yang bisa kamu dapatkan.

MENCIPTAKAN KESEMPATAN BARU BAGI DIRI SENDIRI DAN BISNIS KAMU

Mirip dengan branding online di atas, dengan semakin kamu dikenal, semakin mudah kamu mendapatkan kesempatan bekerja dari perusahaan atau orang lain tentang apa yang memang bidang kamu.

MENEMUKAN PENGALAMAN BARU DAN MENARIK

Dengan ngobrol ke follower kamu, kamu bisa menemukan banyak kisah menarik. Kamu juga bisa ngobrol dengan posting di Blog orang lain. Selain itu, dengan sedikit melakukan penelitian tentang topik yang mau kamu tulis, akan membuat kamu semangat dalam memecah rutinitas sehari-hari. Semakin kita tahu, semakin menyenangkan.

Selain itu, kamu juga dapat belajar banyak dari kisah orang lain. Mereka yang memiliki ketertarikan sama dengan kamu akan muncul dan saat itulah momen berbagi kisah. Kamu dapat belajar banyak dari perbedaan yang kamu temukan dari orang lain dan pengalamannya.

CATATAN HIDUP PRIBADI YANG MEMBERI KEKUATAN PADA DIRI SENDIRI

Setuju! Memang sih, Blog gak harus berupa jurnal atau buku harian, tapi apapun yang kamu tulis suatu hari dapat kamu baca lagi dan nostalgia positif yang mungkin membuat kamu ingin lebih baik. Lagipula secara tidak langsung, kita sedang merekam perjalanan hidup kita, tapi dengan cara yang unik.

Merekam perjalanan hidup bisa nebeng sosial media, tapi apa bedanya dengan ribuan member sosmed yang lain? Tampilan layar seragam, semua seragam, mau berbeda banyak keterbatasan, kurang seru. Itu gak ada salahnya kok, no offence untuk yang hobi sosmed, tapi bagi saya kurang greget gitu. Dengan Blog, pikiran liar kamu bisa semakin liar dalam arti positif. Batasan lebih sedikit jadi bisa lebih ekspresif.

MENGHADAPI KETAKUTAN

Apa yang paling ditakutkan saat Blogging? Orang tidak setuju dengan tulisan kamu! Itu kata Ryan Clements. Namun dia juga menambahkan kalau justru itu yang akan memberikan kamu tantangan hari per hari yang sekaligus akan membuat kamu semakin berkembang. Kamu akan menganalisa dengan lebih baik saat menulis sehingga tulisan kamu juga menjadi lebih baik.

TEMUKAN OTENTISITAS SUARA KAMU

Blogging tidak ada aturan baku. Bukan seperti kerja skripsi atau tugas sekolah. Blogging itu menulis dari nol. Semua berasal dari pikiran lalu dituangkan menjadi tulisan. Kamu bebas menulis apa saja tanpa batasan. Proses menemukan tulisan terbaik dari ide di dalam pikiran ini akan membebaskan kepenatan pikiran kamu, ciee.

Entah kenapa, soal ini sangat setuju. Kadang kita terlalu banyak berpikir tentang banyak hal dan itu dalam tempo bersamaan. Dengan meluangkan waktu beberapa menit untuk menuliskan pikiran, yang semrawut di kepala itu sedikit lebih terstruktur. Sisanya yang belum terstruktur bagaimana? Strukturkan dengan menulis topik yang lain saja, malah jadi produktif kan. Bagaimanapun, ini masih lebih baik dari pada tidak berbuat apapun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s