Mendapatkan Uang dari Internet di Pasar Indonesia

Kali ini saya ingin sekali berbagi tentang cara mendapatkan uang dari internet, tapi yang pas dengan atmosfer Indonesia. Tulisan di bawah ini hasil dari pengamatan dan pengalaman saya. Setelah membaca, sesuaikan saja nanti mana yang pas untuk kebutuhan kamu.

label-sale-wordpress

CARA TERMUDAH: NEBENG WEBSITE E-COMMERCE INDONESIA

Website e-commerce itu website toko online. Bila kamu sudah memiliki produk untuk dijual, cukup buka akun, pasang foto, dan beres. Seandainya kamu tidak punya produk yang dijual pun, kamu bisa menjadi dropshipper. Dropshipper itu hanya pengantara antara pemilik produk dan pembeli. Nantinya si pembeli akan mendapat barang ‘seolah-olah’ dari kamu, padahal dikirim langsung oleh si pemilik produk. Sistem dropshipper ini sudah ada di toko-toko online di Indonesia.

Keuntungannya apa?

Kamu tidak usah pusing keluar modal awal untuk membeli stok barang, tidak usah pusing sewa gudang untuk menaruhnya, cukup duduk manis depan komputer, pasang iklan. Itu saja.

Mungkin memang perlu sedikit tahu tenang ilmu online marketing, tapi kalau kamu termasuk orang populer di Facebook atau sosmed lain, cukup posting jualan kamu, pembeli bisa datang. Itu kalau kamu selama ini sudah populer ya. Kalau belum, ya mungkin harus pasang iklan dan sebagainya. Soal internet marketing, nanti akan saya bahas lebih lanjut di tulisan yang lain.

Keuntungan lainnya adalah proses transaksi otomatis. Ini menyenangkan lho. Tidak usah sibuk balas Whatsapp perorangan. Tidak perlu taruh nomor Whatsapp-mu juga. Ketika ada pembelian, kamu akan diberitahu via email. Segala pertanyaan dari calon pembeli bisa dari menu diskusi yang ada di setiap produk jualan kamu. Bayangkan bila kamu harus melayani 50 orang Whatsapp bersamaan? Pucat pasi seketika. Dengan proses transaksi otomatis ini, mereka setuju, mereka bayar, kamu dapat invoice via email, beres.

Kekurangannya apa?

Kamu jadi sangat bergantung dengan si pemilik barang. Ketergantungan tingkat tinggi super duper. Kamu akan bergantung harga barang, bergantung lama pengiriman, dan bergantung apapun.

Solusinya, cari benar-benar dan teliti siapa penjual / pemilik barang itu. Bagaimana reputasi dia di dunia bisnis online, harus diketahui. Caranya? Googling atau lihat komentar dari mereka yang pernah beli (biasanya ada di bagian bawah setiap barang di website e-commerce).

Selain itu, pastikan mereka tipe manusia etis dalam berbisnis. Jangan sampai kamu sudah susah-susah promosi, eh mereka jual barangnya lebih murah dari harga kamu yang menjadi dropshipper-nya. Buah simalakama namanya. Oh iya, pembeli jangan sampai tahu kamu dropshipper dari penjual yang mana, selesai deh kalau tahu.

Kekurangan yang lain ya biasalah, BANYAKNYA PESAING yang menjual produk yang sama bahkan mungkin dengan harga lebih murah di website tempat kita nebeng. Itu biasa. Jangan takut. Harga sama belum tentu pelayanan sama. Siapa tahu kalau kamu melayani dengan lebih baik, pembeli akan tutup mata walaupun harga kamu sedikit lebih mahal.

MEMBUAT BLOG LALU PASANG IKLAN

Ini cara mudah bagi yang memang hobi menulis, tapi sulit bagi tipe orang lapangan yang tidak tahan duduk diam menulis. Blog bisa dibuat gratisan tapi saya sarankan yang berbayar, supaya kita ada komitmen untuk berjuang. Kalau sudah keluar uang sebagai modal biasanya kita akan serius kan? Hehehe..

Selain itu, Blog berbayar akan lebih mudah mendapat persetujuan memasang iklan dari si tukang iklan (seperti Google adsense, dsb). Sebelum memastikan ingin menjadi Blogger, kita bisa berlatih dulu dengan yang gratisan, nanti kalau sudah yakin, bayar dan lanjutkan dengan modifikasi desain menarik dan belajar memasang iklan di Blog kamu.

Keuntungannya apa?

Modal kecil. Blog ini contohnya (trikhidup.com), modalnya hanya sekitar Rp 100 ribu per bulan. Itu termasuk kecil. Coba kita hitung, setiap weekend minimal kamu keluar berapa untuk jalan-jalan atau untuk refreshing apapun? Atau setiap bulan jajan siomay dan bakso total habis berapa? Sebulan nonton bioskop berapa kali? Beli kopi di warung? Pasti masih terjangkau kan untuk mendapatkan paket Premium dari WordPress.

Mengapa perlu minimal Paket Premium? Itu paket paling murah yang memperbolehkan kamu memasang iklan yang terintegrasi di dalam WordPress. Iklan itu yang akan jadi pemasukan nantinya. Gampangnya begitu. Kalau kamu bukan ahli IT seperti saya, lebih baik cari yang simpel-simpel saja mungkin ya, hehe.

Selain modal kecil, kita bisa goyang sedikit Blog kita jadi tempat jualan. Di Indonesia masih bisa. Tambahkan saja menu baru yang isinya jualan T-Shirt di layar utama Blog misalnya. Siapkan Whatsapp aktif untuk mereka yang mau pesan. Beres.

Sebelum berjualan, pastikan Blog dan penulisnya sudah punya kredibilitas dulu. Jangan belum apa-apa berjualan barang di Blog. Pembeli juga akan berpikir dua kali. Selama Blog masih bersifat pribadi atau beberapa orang saja, cukup Whatsapp sebagai sarana komunikasi jual beli, tidak usah integrasi dengan pembayaran via Paypal atau Kartu Kredit, itu pengeluaran lagi untuk bisa berlangganan. Itu nanti saja.

Kekurangannya apa?

Blogger yang hanya berjuang sendiri dalam menulis dan menyebarkan artikelnya, suatu hari akan mentok karena kehabisan waktu. Ini akan membuat produktifitas dan kualitas tulisan menurun. Turunnya kualitas tulisan, bisa menurunkan traffic pengunjung. Turunnya traffic pengunjung, bisa menurunkan pendapatan dari iklan.

Solusinya bisa dengan merekrut penulis lain sehingga mengerjakan Blog secara keroyokan. Kembali lagi ke alasan WordPress Premium. Itu paket paling murah untuk bisa keroyokan suatu hari nanti ketika Blog kita sudah besar karena menyediakan fitur multi admin. Soal ini akan saya bahas di artikel yang lain. Tenang saja, kalau pakai platform lain selain WordPress, biasanya ada plug in untuk Multi Admin.

CARA MUDAH YANG LAIN: NEBENG WEBSITE FORUM INDONESIA

Website forum adalah tempat berkumpulnya orang untuk menulis, sharing cerita, sesuai dengan topik yang disukainya. Tidak usah googling lagi, saya kasih tahu saja. Sampai hari ini, website forum terbesar di Indonesia adalah Kaskus. Pasang iklan produk kamu di FJB Kaskus, lalu sundul terus supaya selalu muncul di halaman pertama kategori iklan.

Keuntungannya apa?

Gratis bisa, walaupun tidak disarankan. Untuk latihan jualan, gratis dulu saja. Akun gratis dibatasi 3 kali sundul dalam satu hari. Maksimalkan itu di jam makan siang dan jam pulang kantor. Kalau ada sisa sundul, di jam makan malam.

Keuntungan lain adalah testimoni. Komentar dari para pembeli yang puas dengan produk kamu adalah Kartu As dalam website tipe forum! Semakin banyak komentar puas, semakin mudah kamu jualan. Semakin mudah kamu jualan, semakin tinggi keuntungan. Semakin tinggi keuntungan, kamu jadi punya margin laba untuk membayar sundulan. Jadi, sehari bisa lebih dari 3 kali sundul dan lebih banyak peluang pembelian lagi.

Kerugiannya apa?

Berhubung Kaskus adalah forum terbesar di Indonesia, maka saingan kamu juga luar biasa banyak. Paling sulit adalah bersaing dengan pemain lama. Dia sudah memiliki banyak testimoni dari jaman sundulan masih gratis.

Solusinya mungkin dengan sundulan berbayar atau dengan menulis banyak artikel mengenai produk kamu di kaskus. Semakin banyak thread (yakni tempat di mana kamu menulis artikel) semakin kamu dikenal. Calon pembeli akan lebih mudah membeli dari penjual yang menguasai betul produk jualannya, dari pada penjual yang kelihatan minim pengetahuan.

Share tulisan ini di FB ya kalau kamu merasa bermanfaat. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s