ASUS ZenFone 3 Max, Hanya Jual Baterai Tahan Lama?

Iseng-iseng buka berita baru tentang handphone Android, mata tanpa sengaja tertarik dengan ASUS ZenFone 3 Max. Seperti biasa, rasa penasaran ini muncul. Kira-kira apa yang akan ditawarkan ASUS Zenfone 3 Max ini?

Dari beberapa web yang saya buka, keistimewaannya hanya pada baterai yang super tahan lama, sisanya tidak ada yang baru. Benarkah? Salah satu review  dari AndroidAuthority bahkan mengatakan bahwa ASUS sudah berhenti fokus pada hardware. Semua produk ASUS setelah ZenFone 3 Max hanya pada desain tampilan. Kira-kira apa ya alasannya.

www.trikhidup.com, sumber gambar: http://www.androidauthority.com/asus-zenfone-3-max-zc553kl-review-742803/
http://www.trikhidup.com, sumber gambar: http://www.androidauthority.com/asus-zenfone-3-max-zc553kl-review-742803/

Tipe ZenFone Max dari pabrikan ASUS Taiwan ini pertama kali dikeluarkan tahun 2015 dan semenjak itu sudah menawarkan baterai tahan lama. Produk ZenFone Max itu, klaim Android Authority, bahkan hanya menawarkan daya tahan baterai saja. Produk selanjutnya lebih baik dengan processor dan memory yang lebih memadai namun dengan mengorbankan bodi handphone yang terbuat dari plastik. Bodi plastik ini ternyata tidak disukai.

Berawal dari ini, ZenFone 3 Max lahir. Bodi sudah full metal, baterai tahan lama, lalu apa lagi? Kalau hanya itu bukankah tidak ada bedanya dengan seri pertama? Mari kita bedah bersama ASUS ZenFone 3 Max ini.

Secara desain, selain bodi metal di seluruh handphone tidak ada yang benar-benar membedakan produk ini dengan produk lain yang sudah ada di pasaran. ASUS ZenFone 3 Max bukan hape paling slim dan juga bukan hape paling ringan (8.33 mm & 175 gram), namun ini termasuk boleh diperhitungkan menjadi salah satu hape dengan berat wajar namun membawa daya tahan baterai yang luar biasa ditambah display lebar (5.5 inci) AMOLED. Meskipun termasuk smartphone dengan bodi lebar, ASUS ZenFone 3 Max nyaman dalam genggaman dengan ujung-ujung bodinya yang sudah dibuat melengkung.

Kira-kira begitulah mengenai desain. Sebagai pengamat smartphone namun bukan ahli, bodi melengkung pada ujung, lumayan penting bagi saya. Lapisan metal juga membuat kesan elegan pada handphone. Itu menurut saya. Tapi, percuma bila tampilan luar cantik namun otak pas-pasan alias processor kurang memadai. Bagaimana soal ini?

ASUS ZenFone 3 Max membawa 1.4 Ghz Qualcomm Snapdragon 430 Processor, 3 GB RAM. Dengan kemampuan itu, ASUS ZenFone 3 Max lumayan bisa diandalkan untuk gaming tapi bukan pada game yang membutuhkan grafik tinggi. Masih ada gejala nge-lag ketika hardware ASUS ZenFone 3 Max ini dipaksa bekerja berat. Namun hebatnya, hape lumayan stabil dalam hal panas. Namun apa yang ditulis AndroidAuthority ini ternyata berbeda dengan beberapa fakta di lapangan. Ditemukan user yang merasa tidak nyaman karena timbulnya panas berlebih pada ASUS ZenFone 3 Max ini.

www.trikhidup.com, sumber dari http://gadgets.ndtv.com/asus-zenfone-3-max-zc553kl-3873
http://www.trikhidup.com, sumber dari http://gadgets.ndtv.com/asus-zenfone-3-max-zc553kl-3873

Dengan processor yang dibawa, ASUS ZenFone 3 Max sejauh ini masih sangat cocok untuk penggemar Android yang tidak terlalu bermain game atau menggunakan aplikasi-aplikasi berat lainnya. Sebagai catatan, AndroidAuthority menyayangkan mengapa ASUS tidak memaksimalkan hardware di dalam tampilan Android yang sudah terlihat elegan ini. Yaaah, Bro, mau dijual berapa kalau semuanya dikasih maksimal? Sasaran pasarnya kan menengah.

Baterai? Luar biasa! Kapasitasnya sampai 4100 mAh. Dengan sasaran pada pemakai kasual, yakni mereka yang tidak terlalu menggunakan smartphone untuk bermain game-game grafis, baterai sebesar itu bisa sampai 2 hari pastinya. Ditambah sudah adanya aplikasi optimisasi software di dalamnya, kerja processor menjadi semakin efisien dan membantu daya tahan baterai.

Apalagi info yang dicari para penggemar smartphone? KAMERA! Bukan rahasia lagi, ini sudah menjadi nilai jual merk smartphone tertentu. Kamera belakang 16 Mega Piksel, f/2.0 sedangkan kamera depan selfie 8 Mega Piksel, f/2.2. Kamera belakang sudah ada dual-LED Flash sehingga mampu memberi cahaya yang cukup. Hasil foto sangat variatif, menurut AndroidAuthority, kadang bagus kadang biasa. Ringkasnya, kualitas kamera hanya sedikit di atas rata-rata smartphone di kelasnya.

Tambahan informasi saja. Sudah ada fingerprint scanner yang juga bisa digunakan untuk menerima panggilan masuk. Internal memory 32 GB, bisa ditambahkan sampai 128 GB. Menggunakan OS Android Marshmallow 6.0.1 dan UI ZEN 3.0.

www.trikhidup.com, sumber dari: http://www.androidauthority.com/asus-zenfone-3-max-zc553kl-review-742803/
http://www.trikhidup.com, sumber dari: http://www.androidauthority.com/asus-zenfone-3-max-zc553kl-review-742803/

Jadi bagaimana, apakah benar ASUS ZenFone 3 Max hanya jual ‘baterai tahan lama’?

Ya dan tidak. Untuk saya pribadi, Ya. Itu karena saya lebih cenderung mencari smartphone menengah namun dengan kemampuan processor di atas rata-rata kelasnya. Saya pribadi tidak terlalu peduli soal kamera atau bodi metal. Saya jarang berfoto-ria dan soal bodi, toh nantinya tertutup casing. Mengenai kapasitas baterai, saya tidak terlalu butuh sampai 4.000-an mAH karena di kisaran 3.000 saja sebenarnya sudah efektif asal tahu cara menghematnya. Lagipula dengan kapasitas sebesar itu, ternyata belum fast charging. Pusing juga.

Untuk kamu yang mencari harga terjangkau dengan tetap memerlukan kemampuan kamera memadai dan tampilan layar AMOLED tajam, jawabannya TIDAK. Selain baterai tahan lama, ASUS ZenFone 3 Max juga menawarkan itu semua sesuai dengan kebutuhan rata-rata para pengguna smartphone saat ini.

Jadi berapa harga rilis ASUS ZenFone 3 Max ini? Harganya rilisnya pada Agustus 2016, Rp 3.5 jutaan, namun sekarang hanya berkisar di Rp 2.7 juta – Rp 3 juta (Februari 2017).

It’s a decent smartphone,” kata AndroidAuthority. Bukan yang terbaik, tapi cukup perlu diperhitungkan di kelasnya. 

www.trikhidup.com, sumber gambar dari : http://www.gsmarena.com/asus_zenfone_3_max_zc520tl-reviews-8207.php
http://www.trikhidup.com, sumber gambar dari : http://www.gsmarena.com/asus_zenfone_3_max_zc520tl-reviews-8207.php

Dari beberapa review yang saya temukan di atas, kamu sendiri yang menentukan, apakah ini jadi pilihan berikutnya handphone Android kamu? Terima kasih ya sudah mampir. Jangan lupa sharing artikel ini kalau berkenan.

Share tulisan ini di FB ya kalau kamu merasa bermanfaat. 🙂

www.trikhidup.com, sumber dari: http://www.androidauthority.com/asus-zenfone-3-max-zc553kl-review-742803/
http://www.trikhidup.com, sumber dari: http://www.androidauthority.com/asus-zenfone-3-max-zc553kl-review-742803/
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s