Bagaimana Menulis Blog dengan KONSISTEN?

Melanjutkan tulisan tentang 23 Cara Menarik Traffic Blog, pada postingan kali ini saya akan kupas lebih dalam tentang Bagaimana Menulis Blog dengan Konsisten. Semoga tulisan sederhana ini membuat kamu lebih bersemangat dan tahu kunci dibalik konsistensi dalam menulis. Langsung saja ya.

Jadikan Blogging sebagai kebiasaan sehari-hari. Sama seperti rutinitas lain pada umumnya, kita bisa membuat blogging menjadi rutinitas tambahan, tapi bukan yang sifatnya terpaksa. Rasanya kurang lengkap kalau belum nge-blog, begitu, tapi jangan memaksa diri untuk harus nge-blog apapun alasannya. Nanti ujung-ujungnya berat sendiri.Segera catat ide, kapanpun itu muncul. Sekarang rata-rata kita sudah memiliki smartphone. Cukup dengan aplikasi gratisan atau bawaan dari ponsel kamu, semacam aplikasi note, kamu bisa mencatat apapun yang tiba-tiba terlintas di kepala kamu. Nantinya itu bisa dikolaborasi menjadi satu artikel di Blog kamu. Cara ini juga saya lakukan. Biasanya kalau ada pertanyaan yang muncul di kepala, saya akan catat di handphone. Sambil mencari jawabannya, sambil saya menulis postingan Blog.

Buat daftar tulisan yang akan datang. Ada beberapa ide yang belum tentu menjadi postingan Blog. Kamu kadang ragu, apakah memang ini yang mau saya posting. Nah itu dicatat saja sebagai “tulisan akan datang”. Sifatnya 50 : 50, kalau yakin baru tulis, yang penting buat daftar saja dulu.

On Time dalam menulis artikel. Kita semua punya kegiatan dan pekerjaan sehari-hari. Jangan sampai rutinitas kamu menghalangi passion untuk menulis Blog. Bila setiap jam 07.00 sore kamu senggang, maka on time saja, setiap jam itu kamu menulis Blog. Tentukan saja kapan waktu kamu menulis Blog dan cobalah on time. Karena saya bukan pegawai kantoran dan tidak terikat waktu kerja, biasanya saya mencatat ide selama satu minggu dulu, baru kemudian saya tentukan satu hari untuk full menulis ide-ide saya itu. Kamu bisa tentukan sendiri cara on time mana yang paling pas dengan gaya kamu.

Membuat Outline Form. Buat semacam struktur sederhana tentang isi artikel Blog kamu. Strukturnya harus super sederhana, biasanya begini, pertama topiknya apa dan kedua alasan yang berkaitan dengan topik itu. Sudah itu saja. Saya biasa membuat draft poin per poin sebelum menjelaskannya satu-satu. Itu pun bukan di kertas, tapi langsung di rancangan posting Blog supaya cepat, hehe.

Menentukan artikel utama harian, sambil menyelipkan artikel yang akan ditulis kemudian di dalam artikel utama tersebut (bila saat menulis tiba-tiba mendapat ide). Sebagai contoh sederhana, sebelum menulis artikel Cara Menulis Blog dengan Konsisten Ini, saya sebenarnya sedang googling Cara Mendapatkan Traffic Blog. Karena keduanya berkaitan, ya sudah saya tulis keduanya. Pertama saya menulis Cara Mendapatkan Traffic yang berisi 23 cara, baru kemudian saya tulis tentang Cara Menulis Blog dengan Konsisten. Simpel gitu aja.

Jangan memaksa diri untuk posting artikel. Ketika memaksakan diri untuk menulis, kamu justru tidak dapat menulis apapun. Saya juga merasakan demikian. Pikiran kita justru kebanyakan mikir. Tulis ketika ingin menulis dan usahakan selalu begitu. Jangan tidak menulis ketika ingin menulis, begitu juga sebaliknya, jangan memaksa menulis ketika tidak tahu apa yang akan ditulis. Bila Blogging  memang passion kamu, percayalah, kamu akan lebih sering ingin menulis dari pada kebalikannya.

Jangan terlalu berpikir untuk mem-Blog-kan apapun yang kita temukan sehari-hari. Ini menarik. Kadang seorang Blogger yang terlalu menghayati, selalu berpikir setiap hari dan setiap kejadian adalah bahan Blogging saya. Itu tidak ada salahnya, tapi juga sebenarnya kurang membantu. Nikmati saja setiap hari kamu, nikmati setiap kegiatan yang sedang dilakukan. Nantinya kamu akan temukan sendiri mana yang menarik tanpa harus kamu paksakan mencari-cari bahan. Nikmati kegiatan kamu, nanti akan datang sendiri idenya.

cara-konsisten-menulis-blog

Kesimpulannya bagaimana?

Sebenarnya mudah saja, buat Blogging menjadi rutinitas yang menyenangkan. Tulis ketika ingin tulis, sambil tentukan waktu kapan kamu akan mencurahkan seluruh pikiran. Tentukan sendiri saja, bebas.

Jangan lupa kumpulkan bahan yang memang buat kamu menarik sampai bahan lengkap sehingga kamu sendiri merasa terbantu. Jika kamu sendiri terbantu, orang lain yang membaca pasti akan terbantu juga.

Jadi, untuk menjadi konsisten, kenali gaya penulisan kamu dan cari cara yang paling membuat kamu nyaman untuk tetap menghasilkan postingan dengan kualitas terbaik kamu.

 

Share tulisan ini di FB ya kalau kamu merasa bermanfaat. 🙂 Boleh lho tinggalkan komentar di bawah. Bebas aja kan kita sama-sama belajar.

Sumber: AdamMcClane, disadur dengan perubahan.

 

Iklan

2 pemikiran pada “Bagaimana Menulis Blog dengan KONSISTEN?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s