Artikel Rapi, Blog Mudah Dibaca

Judul artikel sudah keren, pengunjung sudah tertarik, namun tiba-tiba dia hanya mampir hanya untuk membaca sekilas saja beberapa artikel atau istilah kerennya “scanning”. Sudah nulis panjang-panjang, eh hanya di-scanning saja tulisan kita.

Untuk membuat Blog bermutu jangka panjang, kamu sebaiknya menulis dengan tujuan mencari pembaca sungguhan (reader) bukan pembaca sambil lalu (scanner). Ini obatnya.

Mengubah Si “Scanner” Menjadi Si “Reader” dengan Sub-Judul

Tulis dengan jelas tentang apa yang kamu ingin sampaikan. Apa poin utama artikel? Apa poin-poin pendukung dari artikel itu? Tulis dengan runtun dan jelas. Jangan biasakan menjebak dengan menggunakan software khusus yang memancing keyword tapi saat dibuka tidak ada isi artikelnya. Sejujurnya, blog atau website seperti itu buat saya sangat menyebalkan.

Perjelas poin penyampaian. Buat daftar poin per poin bila kamu perlu. Itu akan mengurangi kelelahan membaca dari para pembaca potensial kamu.

Menjaga Pembaca dengan Info Bermanfaat

Berikan pembaca kamu waktu yang berkualitas dengan memberikan konten yang memang bermanfaat. Semakin bermanfaat konten kamu, semakin lama pengunjung kamu akan bertahan di Blog kamu. Kepercayaan pengunjung akan kualitas Blog kamu cukup penting untuk mendatangkan pengunjung yang lain. Pengunjung Blog yang senang dengan artikel kamu akan mudah menshare tulisan kamu di medsosnya kan?

Tambahan sedikit, biasanya di akhir sub-judul, kamu bisa menulis beberapa kata saja tentang manfaat  isi topik sub-judul berikutnya sehingga pengunjung blog tertarik untuk melanjutkan membaca.

Supaya lebih jelas, mari kita lihat lebih lanjut susunan artikel yang memudahkan pengunjung Blog kamu. << ini contoh kalimat sederhana agar pengunjung melanjutkan membaca.

Gunakan 3 Hal Untuk Mendapat Pengunjung Berkualitas

1. Tunjukkan secara jelas dan lengkap mengapa dia harus membaca dan apa manfaat dari artikel kamu.

Percuma bila judul kamu sudah menarik, tapi isi artikel kurang bermanfaat atau kurang komunikatif dengan pembaca. Seketika mereka akan berubah menjadi si scanner dari pada si reader.

2. Gunakan Kata Kerja pada sub-judul artikel.

Ada yang disebut rumus paralelism. Saya bukan ahli soal ini sejujurnya, tapi kurang lebih penjelasannya begini. Agar mengalir dan menarik pembaca untuk terus membaca, gunakan sub judul diawali dengan jenis kata yang sama yang berlaku untuk semua sub judul. Dan, itu biasanya menggunakan Kata Kerja.

Kata kerja di awal sub judul akan menggugah orang untuk melakukan aksi, katanya seperti itu. Ya dicoba saja tidak ada salahnya.

3. Tulis Sub-Judul terlebih dahulu.

Dengan menulis runtutan judul, lalu semua sub judul tentang apa yang kamu ingin bahas, dapat mempermudah kamu fokus pada isi artikel dan manfaat yang ingin kamu bagikan kepada para pembaca Blog kamu.

Saya sendiri hampir selalu menulis draft tulisan dengan cara seperti di atas. Itu sangat memudahkan saya untuk mengingat terus menerus apa sih fokus tulisan ini? Nah, biasanya, setelah menulis, saya kadang merasa perlu mengganti sedikit Judul atau Sub Judul artikelnya supaya lebih pas saja, itu tidak masalah.

Judul/Sub Judul – Isi Artikel – Cek lagi apakah Judul/Sub Judulnya menarik dan nyambung 99% dengan isi artikel – Publikasikan.

Urutan sederhananya begitu sih kalau yang biasa saya lakukan. Semoga membantu.

Perlu Diingat, Si Scanner Selalu Ada

Perlu diingat bahwa pembaca tipe scanner sudah ada lama di dunia nyata, bukan hanya dunia online. Kita bisa meminimalisir dengan tulisan yang bermutu dan memberi manfaat tapi tidak bisa menghilangkan sama sekali para scanner. Setidaknya dengan membiasakan menulis sesuatu yang bermutu, kamu bisa mendatangkan para pengunjung yang bermutu pula yang mendukung usaha kamu menulis artikel-artikel baik.

Dikutip dengan beberapa perubahan pribadi dari copyblogger.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s