Blogger Hebat Adalah Yang Jarang Posting Artikel, Lho Maksudnya?

Kamu punya kesibukan harian, apapun itu. Dari urusan pribadi, keluarga, sampai urusan orang lain yang sebenarnya bukan urusan kamu (^>^), bisa menyibukkan kamu. Apapun itu deh.

Pengalaman pribadi, update BLOG itu kadang luar biasa sulit. Ada perasaan bersalah tidak update BLOG ini, tapi perasaan itu terlupakan ketika sudah ketemu temen nongkrong dan game Android favorit. Alasan.

Kebetulan, Jeff Groin setuju. Menulis BLOG bukan tentang kuantiti, tapi tentang kualitas. Dari pada dipaksakan banyak artikel-tanpa-niat lebih baik sedikit artikel-penuh-semangat. Pembenaran.

 

Lanjut, mari kita bahas poin per poin, mengapa menulis BLOG itu lebih baik ‘jarang’ dan dari sana, bagaimana memaksimalkan orang mengenal BLOG kamu.

 

Satu Artikel BLOG per Minggu Saja

Pembaca BLOG kamu (dan para calon pembaca) tidak hanya membaca BLOG kamu. Ada banyak artikel dan berita dan apapun sebut saja, yang masuk ke medsos mereka, hape, majalah, yang setiap hari mereka baca.

BLOG kamu bukanlah satu-satunya yang mereka baca.

Maka, SATU ARTIKEL SEMINGGU, sudah sangat baik untuk awal. (BTW, saya sendiri kadang lupanya berminggu-minggu, jadi gimana gitu nulis gini..Hahaha!)

Alasan kedua, karena para pembaca kamu pasti sudah banyak hal yang dibaca di kehidupan sehari-harinya, dengan posting SATU MINGGU SEKALI sebenarnya mempermudah para pembaca kamu (subscriber) untuk mengikuti BLOG kamu.

Mereka menjadi tidak perlu khawatir ketinggalan artikel terlalu jauh.

 

Tulis SATU “Guest Post” per Bulan di BLOG Terkenal

Waktu kamu tidak banyak. Berapa orang pun yang membantu kamu, kamu tetap tidak akan bisa mengerjakan “semua”-nya. Pilih SATU cara marketing BLOG dan kuasai betul-betul.

Mulai dengan SATU FOKUS yaitu : “Menguasai Guest Blogging”

BLOG awal  (seperti BLOG ini, hehe..jadi malu) kekurangan keterhubungan dengan BLOG-BLOG terkenal dan populer. Untuk menemukan benang merah yang menjadi jembatan, kamu perlu menaruh jejak kamu di BLOG populer itu. Cara menaruh jejak adalah dengan menulis sebagai Tamu Blog atau di Guest Post.

Gitu aja sih.

Menulis full artikel ya, bukan cuma “Mantap Gan! Mampir ke BLOG saya di…” Itu gaya Blogger alay-kejar-setoran-gak-bakat-nulis-mau-duit-gampang-mending-pesugihan.

Jadi, di kolom tanggapan atau guest post BLOG terkenal itu, kita menulis mini-tapi-full artikel menanggapi tulisan utama si BLOGGER.

Satu bulan satu BLOG terkenal sajaJadi akhir tahun, kamu sudah punya 12 link bagus ke 12 BLOG populer. Ini tidak akan membuat subscriber kamu jadi tiba-tiba 100.000, tapi ini lumayan menjadi fondasi awal BLOG kamu ke depannya.

Logika ini juga dipakai di banyak hal lho di dunia online. SEO akan maksimal kalau dapat link dari website terpercaya. Twitter kamu jadi makin terkenal kalau kamu sering re-Tweet cuitan dari akun yang sudah populer.

Langkah Akhir : Perlahan tapi Pasti, Tambah Postingan BLOG dan Guest Post

Setelah berasa efeknya, perlahan tapi pasti tambah jumlah postingan kamu di BLOG kamu dan di BLOG orang lain, namun tetap tidak perlu ngoyo. Tetap dinikmati dan menggunakan waktu yang reasonable.

Btw, kalau sudah berasa efeknya, biasanya otomatis kamu akan semangat sendiri sih dan postingan nambah sendiri dengan senang hati. Muncul semangat tiba-tiba entah dari mana, untuk tetap menulis pastinya.

 

Kelemahan taktik posting sebagai guest / tamu di BLOG terkenal ada nggak?

Ada kelemahannya.

Namanya juga BLOG terkenal dan taktik ini bukan taktik baru, jadi pasti banyak Blogger lain yang ikutan. Wajar dan santai saja. Konsistensi akan membuktikan siapa yang juara! (ciee…)

Kunci : Konsistensi dan Kualitas Tulisan

 

Ada yang tanya: “Kalau masih ada banyak waktu karena cuma nulis seminggu sekali atau dua kali gimana? Gue kan profesional banget gitu soal BLOG.”

Kalau boleh saran, manfaatkan waktu kosong untuk pasang link dan promosi Blog via medsos aja. Dari pada dipaksa tambah artikel tapi nulis buru-buru dan kualitas pas-pasan, lebih baik urus marketing Blog biar pengunjung tambah banyak.

Membuat BLOG yang populer bukan cuma tentang Tulisan Bermutu (walaupun ini faktor utama) tapi juga tentang bagaimana tulisan bermutu kamu bisa diakses sebanyak mungkin orang.

Share tulisan di FB kamu ya kalau kamu merasa bermanfaat.

Disadur dengan tambahan dan sunting ulang dari : copyblogger.com

Iklan

3 pemikiran pada “Blogger Hebat Adalah Yang Jarang Posting Artikel, Lho Maksudnya?

  1. Yups, saya setuju dengan Anda… Saya pikir sifat manusia yang paling umum adalah rasa bosan… jadi kita perlu menentukan batas waktu dimana seorang pembaca sudah siap dan gak sbar untuk membaca tulisan kita. Salam kenal 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s